Kenapa Email Masuk Folder Spam

As An Internet Marketing Specially Sebagai Mail Marketing, Kondisi Email Masuk Folder Spam Adalah Hal Yang Paling Dihindari! Broadcast Email Sebagai Alternative Chanel Pemasaran Online Dari Zaman Dulu Sampai Detik Ini Masih Menjadi Pilihan Favorite.

Karena Itu Mengetahui Sebab-sebab Kenapa Email Masuk Folder Spam Saya Pikir Harus Tahu.

Singkatnya Penyebab Email Masuk Folder Spam Karena

  • IP Masuk Spam Blacklist
  • Sumber Mendapatkan List Lead Email
  • Masuk Email Filter
  • Konten Filter
  • Frekuensi Kirim Email
Email Masuk Folder Spam
1. Email Masuk Spam Karena IP Masuk Spam Blacklist

Ini Disebabkan Karena Ip Address Server Email Memiliki Reputasi Buruk Sehingga Masuk Daftar Spam Blacklist, Kalau Sudah Begini Mau Sebanyak Dan Sesering Apapun Kita Broadcast Email “Percuma”
Untuk Tahu Ip Adress Server Email Kita Sudah Masuk Daftar Blacklist Bisa Cek Disini

Penyebab Alamat Ip Server Email Masuk Blacklist Atau Reputasinya Jadi Buruk, Biasanya Karena Penerima Email Marketing Kita Report As Spam, Nah Ini Berkorelasi Banget Dengan Penyebab Email Masuk Folder Spam Karena Hal Selanjutnya Yaitu Sumber Mendapatkan List Lead Email.

2. Penyebab Masuk Folder Spam Selanjutnya Karena Sumber Mendapatkan List Lead Email.

Penting Untuk Mempertimbangkan Sumber List Lead Email, Untuk Menjaga Ip Email Tidak Masuk Daftar Black List.

Misalnya Jika Kita Import Dalam Jumlah Yang Banyak Data Email Yang Ingin Kita Broadcast, Sedangkan Kita Tidak Memiliki Authority Dan Atau Kedekatan Dengan List Email Tersebut Kemungkinan Besar Penerima Akan Report As Spam Itu Sangat Besar. Salah Satu nya Karena Mereka Terganggu Atau Bisa Juga Karena Tidak Ada Trust.

Kemudian Jika Sumber Lead Email Kita Tidak Didapatkan Karena Opt-in Atau Import Karena Hasil “Scrape Email” Bisa Menyebaban Bounce Mail.

Bounce Email Ini Kondisi Email Yang Kita Kirim Kembali Terkirim Secara Otomatis Oleh Sistem Kekita Sebagai Pengirim, Biasanya Informasi Pesan Error Bahwa Email Kita Kita Kirim Tidak Terkirim “Message Had Not Been Delibered” Nah Bounce Email Ini Yang Berpengaruh Kepada Reputasi IP Address Email Kita

Bounce Email Ini Ada 2 Tipe: Hard Bounce Dan Soft Bounce, Hard Bounce Itu Biasanya Karena Lead Alamat Email Typo Atau Salah Ketik Bisa Juga Karena Alamat Email Fake, Karena Emang Alamat Email Tersebut Tidak Ada. Sedangkan Soft Bounce Bisa Jadi Karena Folder Inbox Penerima Sudah Penuh.

Note: Diatas Keyword “Scrape Email” Saya Bold Jadi Maksudnya Yang Bermasalah Scrape Nya Bukan Importnya, Jadi Menurut Saya Sah-Sah Saja Kalau Mau Import, Asalkan List Email Yang Kita Import Itu: Setuju Kita Boardcast Email, Mau, Tertarik, Ihklas Menerima Pesan Email Kita.

Contoh: Jika List Email Yang Kita Import Dari Database Email Yang Kita Kumpulkan Secara Manual Dahulunya “Tidak Opt-in” Sedangkan List Email Ini Secara Sadar Pemilik Email Tersebut Memberikan Kepada Kita.

Email Masuk Folder Spam
3. Spam Karena Email Filter

Ini Kejadian Ketika Email Yang Kita Kirim Terfilter Secara Otomatis Masuk Ke Folder Promosi, Sosialmedia, Spam, Update. Tidak Masuk Ke Folder Utama Atau Inbox. Karena Ini Disebabkan Oleh Kebijakan Server Email Penerima Yang Bisa Kita Harapkan Adalah Meminta Penerima Email, Memasukan Pesan Email Kita Masuk Ke Folder Utama Atau Inbox Nya.

4. Karena Konten Filter

Nah, Kalau Yang ini Penting Banget Untuk Mempertimbangkan Isi Konten, Karena Ada Sitem Yang Screening Keyword, Parse Yang Sering Masuk Kategori Spam, Jadi Baiknya Hindari Keyword Keyword Tertentu Agar Tidak Masuk Folder Spam.

Seperti:

  • Konten Email Sebagian Besar Gambar, Persentase Seberapa Besarnya Disini Saya Belum, Nanti Kalau Sudah Tahu Saya Update, Atau Kalau Mau Tahu Bok Info Dikomen yah ­čÖé
  • Gratis, Free, Diskon, Kata-Kata Kasar Dll
  • Judul Email Huruf Besar Semua
5. Frekuensi, Enggagment, Funneling, Authority Kirim Email

Sesuatu Yang berlebihan Itu Tidak Baik :), Terlalu Sering Kirim Email Boleh Jadi Bisa Bikin Penerima Email “Subscriber” Kita Jenuh, Merasa Terganggu Dll. Kalau Sudah Begini Mereka Bisa Report As Spam Email.

Boleh Jadi Ada Sistem Yang Mendeteksi Frekuensi Kirim Email, Jika Frekuensi Tidak Normal Maka Otomatis Masuk Folder Spam.

Untuk Itu Penting Meningkatkan Enggagment Email Kita Dengan Subscriber, Email Yang Kita Kirim Jangan Hanya Jadi Satu Arah, Sebisa Mungkin Bikin CTA Mengarahkan Subscriber Membalas Email.

Penting Juga Funneling Subscriber Lead Email, Kita Harus Tahu Lead Mana Saja Yang Suka Dikirim Email Dan Mana Yang Tidak Suka Dikirim Email, Kalau Suka Berarti Sah-Sah Bae Frekuensi Email Ditingkatkan, Sebaliknya Jika Tidak Suka Baiknya Kita Kirimkan Email Hal Hal Yang Penting Saja.

Autority Pengirim Email Juga Penting, Authority Ini Yang Meningkatkan Open Rate Email Yang Kita Kirim, Jika Open Rate Tinggi Sistem Mendeteksi Address Email Pengirim Reputasinya Baik. Authority Juga Yang Membuat Subscriber Dengan Sadar Memindahkan Email Kita Dari Folder Spam Ke Folder Utama.

Tags:

Submit Your Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *