Eisenhower Matrix Kuadran Prioritas + ICE Score Kerja Lebih Produktif Dan Efisien

Yuk coba mengenal bekerja dengan Metode Kuadran Prioritas ditambah dengan ICE Score Versi Catatan Bae, Agar lebih produktif dan efisien.

Kuadran Prioritas atau EISENHOWER MATRIX adalah kuadran yang digunakan untuk membantu kita mengelolah waktu dan pekerjaan agar lebih produktif dan efisien. Metode EISENHOWER MATRIX ini terinsfirasi dari presiden Amerika ke-34 Dwight D. Eisenhower.

Dwight D. Eisenhower pernah mengucapkan “What is important is seldom urgent and what is urgent is seldom important” (Apa yang penting biasanya tidak mendadak dan apa yang mendadak biasanya tidak penting). Nah quote itulah yang menjadi asal muasal dari Metode Prioritas atau EISENHOWER MATRIX. Yang membantu kita menetukan mana yang harus di dahulukan mana yang bisa kita abaikan sementara

Metode Eisenhower Matrix ada 4 Kuadran Prioritas Yaitu

  1. Penting dan Mendesak, Do
  2. Penting dan tidak mendesak, Plan
  3. Tidak penting dan Mendesak, Delegate
  4. Tidak Penting dan Tidak Mendesak, Enliminate
Eisenhower Matrix Kuadran Prioritas

Seharusnya dari gambar dan penjelasan singkat diatas kalian sudah tahu maksud dan tujuan dari metode Eisenhower Matrix, Jadi tidak perlu di elaborasi lagi tapi kalau masih penasaran coba googling saja yah 😀 ok deal kita anggap sudah paham yah.

Pointnya Dari Metode Kuadran Prioritas Eisenhower Matrix

Kita bisa paham mana perkerjaan yang Penting dan Mendesak Artinya pada kuadran ini list pekerjaan yang harus kita selesaikan as soon as posible.
Penting dan tidak mendesak Artinya pada kuadran ini list pekerjaan yang bisa kita schedule tunda sementara.
Tidak penting dan Mendesak Artinya pada kuadran ini list pekerjaan yang baiknya diselesaikan segera tapi karena tidak penting maka kita bisa delegasikan pada orang lain saja.
Tidak Penting dan Tidak Mendesak nah kalau yang ini yowes, tekan tombol delete saja, sudah tidak pentik dan tidak mendesak ora sah di pikir 😀

Pertanyaan selanjutnya bagaimana jika ada pada Kuadran Penting dan Mendesak ada banyak list pekerjaan, Mana yang harus di dahulukan?

Jawabannya Metode Eisenhower Matrix Di Kombinasikan Dengan ICE Score

Jika List Pada Kuadran Penting dan Mendesak ada banyak katakanlah lebih dari 10 list pekerjaan, To Handle semua list kerjaan tersebut using a simple framework called ICE

Apa itu The ICE Score?

I= Impact
C= Confidence
E= Ease
Dan Dari ketiga Kriteria I,C dan E itu kita beri masing-masing score antara 1 sampai 10, Yang artinya nilai 1 poin terendah atau jelek dan poin 10 nilai tertinggi atau terbaik.
Nah nanti mana pekerjaan yang mendapatkan poin tertinggi maka itu yang kita dahulukan untuk dikerjakan, coba lihat gambar dibawah ini duluh deh.

Apa itu The ICE Score
From https://medium.com/@annarehermann/growth-hacking-how-to-get-started-92299a7eaed
Eisenhower Matrix Kuadran Prioritas + ICE Score Kerja Lebih Produktif Dan Efisien

Conclusion:
Semoga dapat dipahami maksud dari catatan bae ini yang membahas Eisenhower Matrix Kuadran Prioritas Di Kombinasikan Dengan Metode ICE Score. Tujuannya agar kita bisa tahu mana yang harus di prioritaskan terlebih dahulu mana yang bisa di delegasikan mana yang bisa kita abaikan.

Jika timbul banyak permasalahan yang harus kita prioritaskan maka, kombinasikan denga metode ICE Score.

Berikan poin setiap pekerjaan yang masuk skala prioritas, poin yang terbesar itu yang utama dan paling utama, core of the core yang harus kita kerjakan terlebih dahulu.

OK, Semoga bermanfaat kalau suka silahkan di save dan di share, kalau ada yang yang masih binggung dan mau di tanyakan silahkan komen atau bisa dengan hubungi saya di social media kadrabae.

Thanks
kadrabe

Submit Your Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *